Ada Apa Dengan Si E471?


foto hoax yang beredar wacana banana boat haram lantaran kandungan e Ada Apa dengan Si E471?

Ada apa sih dengan si E471 yang sedang heboh di kalangan Ibu-Ibu ini? Setelah sebelumnya membicarakan wacana isu yang beredar wacana kandungan E471 pada Ice cream Paddle Pop Banana Boat, rasanya kurang afdol kalau kita tidak membahas lebih dalam mengenai salah satu E Code ini. Kode E ini merupakan abreviasi dari European Union, sementara 3 angka yang berada di belakangnya yaitu 471 yaitu arahan nomor yang membedakan jenis dari materi yang digunakan.

Urutan 471

Kode angka dari urutan 400 sampai 499 terdiri dari gelling agents, thickeners, phosphates, humecantants dan emulsifiers. Lebih fokus lagi, pada urutan 471 yang sedang gencar dibicarakan ini yaitu emulsifiers atau materi pengemulsi atau penstabil. Zat aditif atau zat pemanis yang dimasukan ke dalam makanan. Apapun makanannya dengan kandungan E471 ini pastilah terkait dengan fungsinya baik itu dalam pengolahannya maupun untuk kesempurnaan hasil selesai yang didapat.

Fungsi E471 dalam Ice Cream

Hampir semua Ice cream terutama yang mengandung susu berlemak dalam jumlah besar menyebabkan E471 sebagai zat pemanis dalam kuliner olahan tersebut. Fungsinya yaitu untuk menciptakan pengolahan materi sanggup dilakukan dengan sempurna. Dengan emulsifier ini menciptakan susu yang mengandung lemak sanggup mencampur tepat dengan air yang juga merupakan materi lain dalam menciptakan ice cream ini. Pencampuran materi yang terjadi sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Dengan materi pengemulsi ini kandungan lemak dan air sanggup dengan gampang tercampur. Seharusnya, ibarat yang berlaku dalam aturan alam selama ini bahwa air dan minyak yang terdapat dalam lemak mustahil bersatu. Dengan tunjangan zat pemanis ini kesannya pencampuran tersebut sanggup dilakukan dengan baik. Hingga hasilnya sanggup kita lihat sendiri pada ice cream tersebut yang terlihat begitu sempurna. Dibungkus rapi dalam sebuah kantung plastik khusus untuk makanan.

Makanan Lain yang Mengandung E471

Berdasarkan fungsi dari materi yang terkandung dalam pengemulsi ini maka sanggup dipastikan bahwa tidak hanya ice cream yang menggunakannya. Makanan lainnya yang memakai materi emulsi ini diataranya yaitu aneka macam macan bolu, minuman instan, cokelat, dll. Kaprikornus jangan heran kalau suatu ketika tiba-tiba muncul kembali gosip semacam ini lagi dengan kuliner jenis lain yang juga sudah beredar di pasaran. Pastinya dengan produsen besar yang seringkali menjadi sasaran.

Menjadikannya Haram atau Halal

Bahan pengemulsi ini sanggup dibentuk dari aneka macam macam jenis materi yang terdapat di alam. Bisa dari binatang maupun dari hewan. Jika berasal dari binatang, maka sanggup dipastikan 90% halal. Alasannya lantaran dalam Islam tidak ada salah tumbuhan lain selain buah Kholdi yang diharamkan untuk dimakan. Jika materi pengemulsi itu terbuat dari binatang, maka dilihat lagi binatang yang digunakannya, termasuk cara memotongnya atas nama Allah atau bukan.

Jika binatang yang dipakai yaitu Babi, yang menjadi kuliner haram pertama yang sudah niscaya diketahui hampir semua umat muslim maka sudah tentu haram, sekalipun dipotong atas nama Allah. Terlepas dari pecahan apapun materi yang dipakai nantinya. Apakah dari kulitnya, organ dalamnya atau minyaknya tetaplah haram hukumnya. Begitupun ketika diolah dalam kuliner jenis apapun maka membaut kuliner atau minuman tersebut menjadi haram.

Menurut Negara Islam

Berbicara wacana Islam walaupun Indonesia termasuk negara yang mempunyai penduduk beragama Islam terbanyak di dunia, mengenai dilema aturan tidak sanggup dijadikan landasan. Alasannya lantaran negara kita bukanlah negara Islam, melainkan negara Hukum. Itulah sebabnya kalau berbicara halal dan haram maka landasan yang kita ambil tentu negara islam. Negara yang menyebabkan Hukum Islam sebagai kiblat dari penegakan hukumnya. Salah satunya yatu Negara Saudi Arabia, yang menjadi kiblat seluruh umat Muslim di dunia.

Pemerintahan Saudi Arabia juga sudah menegaskan wacana materi emulsi ini dalam Undang-Undang wacana kuliner halal dan haram yaitu Mushbooh. Sudah terang dikatakan kuliner atau minuman yang mengandung emulsi halal apabila materi emulsi yang dipakai berasal dari tumbuhan. Sementara materi emulsi yang dibentuk dari lemak Babi itu haram. Ini sudah menjadi balasan tegas untuk kita pegang. Ketika menemukan arahan E471 ini cek kembali adakah keterangan lain yang berupa penjelas dari tumbuhan atau hewan.

Jika dalam Ice cream Paddle Pop Banana Boat sudah diberi keterangan “Plant Origin” sesudah goresan pena Kode E471, berarti sudah niscaya berbahan tumbuhan, artinya halal. Kode E410 (dari locust bean gum, jenis kacang-kacangan) dan  E412 (guar gum, sayuran yang biasa dimanfaatkan orang-orang Afrika) sebagai materi penstabil yang juga ditandai juga berasal dari tumbuhan, artinya halal. Semoga cukup mencerahkan ya, Mak!





Belum ada Komentar untuk "Ada Apa Dengan Si E471?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel